33 views
oleh

Uji Coba Vaksin Anti Corona Menemukan Titik Terang, Namun Tak Semua Orang Bisa Menerima Vaksin Ini

DIFa TV News – Setengah tahun sudah virus corona SARS-CoV-2 atau disebut juga dengan Covid-19 telah beredar di seluruh dunia.

Setidaknya lebih dari 5,6 juta jiwa penduduk di seluruh dunia terkena infeksi virus corona tersebut, bahkan virus ini juga menewaskan hampir 350 ribu orang.

Melihat peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 yang kian membludak inilah, beberapa peneliti berlomba untuk membuat vaksin anti corona.

Kini, uji coba vaksin pertama terhadap manusia dikabarkan telah mendapatkan hasil yang aman dan diperkirakan efektif melawan virus Covid-19.

Melansir Kompas.com, para ilmuwan di China mengatakan, 108 orang dewasa yang sehat diberi dosis Covid-19 vektor adenovirus tipe 5 (Ad5-nCoV) selama masa percobaan ini.

Baca Juga  :

Peringatan!!Memakai Masker Dengan Tidak Benar Berisiko Lebih Besar Menularkan Virus

Inilah Pilihan Masker untuk Virus Corona

Menemukan Pencerahan

Obatini menggunakan jenis flu biasa (adenovirus) yang melemah untuk mengirimkan materi genetik yang “mengkode” dirinya menemukanproteindalamSARS-CoV-2-virus yang menyebabkanCovid-19.

Sel-sel kode ini kemudian menuju kekelenjar getah beningdi manasistem kekebalanmenciptakanantibodiyang dapat mengenali virus dan menyerangnya.

“Hasil ini merupakan tonggak penting. Percobaan menunjukkan bahwa dosis tunggal dari vektor adenovirus tipe 5 baru Covid-19 (Ad5-nCoV) adenovirus menghasilkan vaksin khusus virus dan sel T dalam 14 hari.”

Hal tersebut diungkapkan Profesor Wei Chen dari Institut Bioteknologi Beijing dalam sebuah pernyataan.

Meskipun Ad5 ditemukan untuk membuat respons imun yang cepat dalam tubuh, para ilmuwan memperingatkan, masih belum ada jaminan obat ini akan secara efektif melawan virus corona.

Di antara sukarelawan yang diberi dosis besar Ad5, 75% ditemukan memilikiantibodiyang dapat menetralkanSARS-CoV-2dalam tubuh mereka.

Juga terlihat respon sel T yang meningkat dengan cepat, dengan hampir 93% peningkatan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Baca Juga :

Kabar Baik! 12 Pasien Corona di Lampung Dinyatakan Sembuh

Kendati demikian, para peneliti mengingatkan, Ad5 pun masih memiliki beberapa masalah.

Baca Juga: Sekolah Akan Dibuka Lagi, 71 Persen Orangtua Menolak: ‘Saya Tidak Setuju, Kesehatan dan Keselamatan Anak Harus Utama’

Masalah terbesar adalah bahwa manusia bisa kebal terhadap adenovirus tipe 5.

Buktinya, sekitar setengah dari sukarelawan dalam percobaan ini ditemukan memiliki kekebalan yang sudah ada sebelumnya terhadap virus flu, yang mungkin memperlambat kemajuan vaksin.

“Kekebalan Ad5 yang sudah ada sebelumnya dapat memperlambat respons kekebalan yang cepat terhadap SARS-CoV-2. Dan, juga menurunkan tingkat tanggapan yang optimal,” kata Profesor Feng-Cai Zhu dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Jiangsu. (Adm)

#Hadapicorona #Tetappakai Masker

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed