34 views
oleh

Kunjungi Lampung Barat,Polda lampung bangga Kerajaan Skala Brak Masih Eksis di Bumi Lampung

DIFa TV News (Lampung Barat) – Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus menyambut kunjungan Kapolda Lampung, Irjen Pol Drs. Purwadi Ariyanto M.Si., yang diwakili Kombes Pol Bambang Ponco Sutiarso S.H, M.H., serta rombongan ke Lampung Barat.

Penyambutan yang dipusatkan di Lamban Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Pekon Balak Kecamatan Batu Brak ini dihadiri Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Sai Batin Kepaksian Pernong Paduka YM SPDB Brigjen Pol Purn Drs. Edward Syah Pernong, S.H, M.H. Sultan Skala Brak yang dipertuan ke-23, Bupati Pesisir Barat, Unsur Forkopimda, Kapolres Lampung Barat, Dandim 0422/Lampung Barat, Anggota DPRD, Kepala OPD, Camat, Peratin, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat setempat, Kamis, (02/07/2020).

Baca juga:Pencuri Motor di Lambar Ditembak Polisi saat Berusaha Kabur

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus berharap dengan kehadiran para rombongan dari Polda Lampung ini akan mempererat silaturrahmi antara Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dengan jajaran kepolisian dalam menyelesaikan segala persoalan di tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan rombongan dari Polda ke bumi beguai jejama ini lebih mempererat tali silaturrahmi antara pemerintah daerah Kabupaten Lampung Barat dengan jajaran kepolisian, khususnya dalam menghadapi segala macam persoalan-persoalan di tengah-tengah masyarakat Lampung Barat,” ucapnya.

Selanjutnya pada kesempatan ini Bupati juga menyampaikan terkait kondisi keamanan dan ketertiban di Lampung Barat yang saat ini kondusif.

“Bahwa kondisi keamanan dan ketertiban umum masyarakat Lampung Barat saat ini kondusif. Tentu saja, hal tersebut berkat koordinasi dan antisipasi yang baik dari seluruh aparat, baik jajaran kepolisian sendiri maupun dari jajaran TNI,” tegasnya.

Bupati berharap saling dapat menjaga solidaritas serta kekompakan dalam pembangunan daerah. “Saya berharap kita dapat menjaga solidaritas dan kekompakan dalam pembangunan daerah, sehingga dengan pembangunan yang berjalan lancar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lampung Barat,” tutupnya.

Baca juga:Beras bantuan warga terdampak COVID-19 di Lampung Barat tidak layak konsumsi

Sementara itu, Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Ariyanto M.Si, yang diwakili Kombes Pol Bambang Ponco Sutiarso SH, MH, menyampaikan ucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Sai Batin Kepaksian Pernong Paduka YM SPDB Brigjen Pol Purn Drs. Edward Syah Pernong, S.H, M.H. Sultan Skala Brak yang dipertuan ke-23 atas penyambutan yang penuh kehangatan, persaudaraan dan kekeluargaan. Ia berharap, hal itu tetap bisa terjalin dan tercatat serta menjadi sejarah anak cucu.

“Atas nama Kapolda Lampung kami haturkan terimakaih kepada kepaksian skala Brak atas penyambutan yang penuh kehangatan, persaudaraan dan kekeluargaan. Semoga antara poliri dan kepaksian skala Brak akan terjalin abadi, tercatat jadi saksi sejarah anak cucu,” ucapnya.

Selanjutnya rombongan dari Polda ini merasa bangga, pasalnya di era globalisasi seperti sekarang ini, kerajaan Skala Brak masih eksis di Bumi Lampung.

“Kami bangga bahwasanya di era globalisasi sekarang ini kerajaan skala Brak maaih eksis di bumi Lampung, yang membuat lebih bangga lagi, kami dari Polda dapat diterima dengan proses adat yang belum semua orang dapat merasakannya,” tegasnya.

Terakhir, pada acara ini Sai Batin Kepaksian Pernong Paduka YM SPBD Brigjen Pol Purn Drs. Edward Syah Pernong, S.H.,M.H. Sultan Skala Brak yang dipertuan ke-23 Menyampaikan sejarah singkat terkait kerajaan yang ada di Lampung Barat yang terdiri dari 4 Kepaksian “Di Lampung Barat ada empat kepaksian yaitu Umpu Blunguh, Umpu Pernong, Umpu Bejalan Diwai dan Umpu nyerupa,” singkatnya. (*Red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed