31 views
oleh

Kembali! Lampung Tengah Raih Opini WTP dari BPK

DIFa TV News (Lampung Tengah) – Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran (TA) 2019, Jumat (5-6-2020). Capaian tersebut merupakan raihan kedua secara berturut-turut yang diraih Pemda Lampung Tengah sejak LKPD TA 2018.

BPK Perwakilan lampung Hari Wahono mengatakan, pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional bagi atas kewajaran informasi yang diberikan dalam laporan keuangan.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan dua tahun berturut-turut, LKPD tahun anggaran 2018 dan 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng meraih opini WTP dari BPK RI.

“Kami telah menerima LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) dari BPK RI Perwakilan Lampung. Dalam pelaksanaan pengadministrasian keuangan daerah tahun 2019, Lamteng untuk yang kedua mendapatkan Opini WTP setelah sebelumnya pada 2018,” kata Loekman usai video conference penyerahan LHP BPK RI Perwakilan Lampung di Ruang BJW, Nuwo Balak, Jumat (5-6-2020).

Ilustrasi Foto.

Hasil penilaian itu, menurut Loekman, merupakan kerja tim seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD) di Lamteng. “Ini menunjukkan tingkat kepatuhan yang sudah tinggi dalam pengelolaan keuangan daerah,” ujarnya.

Loekman menyampaikan beberapa catatan dari BPK RI Perwakilan Lampung atas LKPD Lamteng. Misalnya, masalah penertiban aset.

“Kita sedikit kesulitan karena aset itu merupakan warisan pemecahan wilayah sebelumnya. Banyak aset yang terdaftar di Lamteng tapi barangnya nggak ada. Inilah kelemahan kita di bidang aset,” jelasnya.

Walaupun bekerja dalam suasana dan mekanisme kerja yang berbeda dari sebelumnya karena penyesuaian dalam menghadapi pandemi covid-19, seluruh prosedur pemeriksaaan mulai dari pemeriksaan interim sampai pemeriksaaan substantif bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, hingga kita bisa tiba pada tahap ini,” ujar Bupati Loekman Djoyosoemarto.

“Semoga sinergitas dan kerjasama yang baik ini antara pemerintah daerah bersama BPK bisa terus terjaga dan ditingkatkan, agar penyelenggaraan pemerintahan di daerah dapat mencapai muaranya, yakni peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tegas Bupati.( Adm)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed