72 views
oleh

Diduga Enam Nama Istri dari Aparatur Pekon Nusawungu Terima BST Kemensos

PRINGSEWU – Aparatur Pekon Nusawungu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Diduga akal akalan dalam melakukan Verifikasi dan validasi data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian sosial (Kemensos). Pasalnya, penyaluran tersebut disinyalir tidak tepat sasaran.

Tercatat dari 75 Kepala Keluarga (KK) Penerima BST, 6 (Enam) KK diantaranya terselip Nama-nama Istri dari Aparatur Pekon setempat.

Menurut (S) Nara sumber media ini yang meminta namanya disingkat mengatakan, validasi penerima BST yang di ajukan Pekon Nusawungu tidak tepat sasaran, hal itu menjadi kekecewaan dirinya. Karena, masih banyak masyarakat disana yang layak untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Diduga Kepala Pekon dan Aparaturnya mustinya jeli dalam melakukan pendataan dan tidak seharusnya data dalam Kartu keluarganya dimasukkan.

Menurutnya, Hal itu sudah salah kaprah.

“Kepala Pekon dan Aparatur Pekon sudah memiliki tunjangan seharusnya menolak dan tidak menyelipkan Nama-nama istrinya sendiri, disana (Nusawungu) masih banyak masyarakat sebagai penerima yang sangat layak untuk mendapatkan bantuan tersebut”, ujar S saat dikonfirmasi pada Hari Jumat, 18 Juni, 2020.

Lebih lanjut (S) mengatakan, Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu perbulan sudah menjadi rahasia umum yang di peruntukan untuk masarakat yang terdampak langsung ekonominya akibat covid 19.

Dari data yang di himpun oleh Media ini, tertera sebagai penerima bantuan teryata merupakan istri istri dari aparatur Pekon.

Dari data terpadu kesejatraan sosial (DTKS) Pencairanya melalui Kantor Pos.

Terpisah, Budiono Sekertaris Pekon Nusawungu saat dikonfirmasi soal adanya Nama-nama dari istri aparatur Pekon setempat.

Namun, prihal informasi tersebut ditepis olehnya (Budiono), dengan jawaban politis, bahwa sepengetahuannya tidak ada satupy aparatur Pekon sebagai penerima BST.

Pihaknya, Masih kata Budiono menjelaskan, Aparat Pekon (red). tidak ada satupun tercatat atau menerima bantuan dalam bentuk apapun. Namun saat disinggung soal istrinya sebagai penerima, Budiono selalu berkilah.

“sepengetahuan saya mas, aparat pekon tidak ada yang menerima bantuan”, kata Budiono, Jumat (19/6).

Dari sumber data Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pringsewu tercatat, sekitar 12.852 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari sumber Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos, termasuk di dalamnya Pekon Nusawungu.

Menurut Agus Purnomo, Kasi Indetivikasi dan Penguatan Kapasitas Dinsos Kabupaten setempat, saat dikonfirmasi dan dimintai klarifikasi soal penerima BST beberapa waktu yang lalu mengatakan, bantauan BST yang diterima oleh Dinsos Kabupaten Pringsewu yang akan disalurkan kepada masarakat sudah sesuai dengan data verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh masing masing Pekon.

Bahkan, Kepala Pekon (Kakon) diminta untuk membuat Surat Pernyataan Tangung Jawab Mutlak (SPTJM) dari data yang disetorkan ke Dinas Sosial.

“Dengan surat tersebut, kalaupun ada kesalahan data penerima bantuan, itu tangung jawab pihak Pekon, Karena Dinsos hanya menerima data sesuai yang diajukan dari Pekon masing-masing”, jelasnya. (DN/Her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed