oleh

Gubernur Meresmikan Pembukaan Festival Kopi Robusta Lampung

DIFa TV News (Bandar Lampung) – Gubernur Lampung Ir. H.Arinal Djunaidi membuka secara resmi Gelaran Festival Kopi yang bertema “Women And Coffee” berlangsung di Elephant Park Enggal Bandar Lampung Rabu (6/11), yang akan berlangsung hingga Sabtu (9/11/19) mendatang, juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah Dari berbagai kabupaten dan kota  seprovinsi ini.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa pengembangan produk diversifikasi kopi olahan, mempunyai arti penting, karena dapat menjadi komoditas unggulan yang mempunyai daya saing tinggi di pasar internasional. Indonesia sebagai negara tropis disamping berpeluang untuk pengembangan produk diversifikasi kopi olahan, juga berpotensi untuk pengembangan produk industri pengolahan kopi.

Gubernur Lampung Ir. H.Arinal Djunaidi menikmati Kopi Robusta Kab Way Kanan dalam Gelaran Festival Kopi Lampung belum lama ini

Dalam meningkatkan produktivitas kopi Robusta Lampung, Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa dirinya juga telah mempersiapkan kopi dengan produksi 4 ton per hektar. “Sebelumnya produksi kopi kita hanya 0,7 ton per hektar, tapi saya sudah menyiapkan kopi dengan produksi 4 ton per hektar guna mendukung kemajuan kopi robusta Lampung,” ungkapnya.

Selanjutnya Gubernur Menyampaikan bahwa, untuk meningkatkan mutu, nilai jual, daya saing dan branding kopi Indonesia khususnya kopi Robusta Lampung, ujar Gubernur Arinal, maka perlu dilakukan suatu event skala nasional yang dapat memperkenalkan kopi Indonesia, khususnya kopi robusta Lampung secara nasional maupun internasional. “Salah satunya melalui kegiatan festival kopi lampung dengan tema Women And Coffe Tema tersebut sangatlah tepat mengingat wanita memiliki peranan penting dalam pengolahan kopi dari awal masa tanam, pemetikan, penjemuran, pengilingan dan sebagainya,” jelas Gubernur Arinal.

Dalam acara tersebut, Gubernur Arinal memberikan apresiasi kepada empat sosok wanita yang memberikan perhatiannya terhadap kemajuan kopi Lampung, yaitu kepada Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, Duta Kopi Nasional Tri Sartika Rini, dan Petani Kopi Nurma.

Selain itu, wanita adalah pasar khusus yang perlu ditingkatkan sebagai penggemar kopi, karena dari setengah penduduk Indonesia adalah wanita, namun belum banyak wanita yang menggemari kopi, untuk itu, melalui Festival Kopi Lampung ini, saya berharap kiranya dapat meningkatkan konsumsi kopi robusta, sekaligus mempromosikan fungsi kopi untuk kesehatan dan kecantikan bagi kaum wanita. Selain itu pula, diharapkan akan memberikan manfaat yang besar terhadap semua pihak, khususnya untuk peningkatan kesejahteraan  petani   kopi Lampung dan  Indonesia,” jelasnya

Kegiatan festival Kopi Lampung ini, ujar Gubernur Arinal merupakan yang pertama dan menjadi pintu awal dalam kebangkitan kopi Lampung, tidak hanya nasional tetapi juga internasional. “Nantinya juga festival kopi lampung 2022 akan dilaksanakan di destinasi wisata terpadu Bakauheni, karena kita akan memiliki destinasi wisata berkelas internasional disana,” ujarnya.

Festival Kopi tahun 2019 yang bertemakan ” Woman And Coffe ” itu   berbagai kegiatan juga diselenggarakan diantaranya seminar tentang kopi, yang dihadirkan para pengusaha, petani, dan pemerintah terkait serta kompetisi dan juga mengenalkan cara pengolahan dan penyajian kopi Lampung.

Festival Kopi Lampung 2019 berhasil menarik ribuan pengunjung untuk hadir menikmati kopi robusta di Elephant Park. Tampak masyarakat, dari yang muda, dewasa, dan yang tua berbaur bersama untuk menikmati kopi Robusta Lampung.

Sebelum membuka Festival Kopi Lampung, Gubernur Lampung Ir.Arinal Djunaidi  Waka Polda Lampung Brigjen Pol,Drs,Sudarsono,SH,M.Hum  Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol,Zahwani Pandra Arsyad,SH,MSi serta Rombongan melakukan kunjungan ke stand kabupaten/Kota (Lampung Tengah, Lampung Barat, Kota Bandarlampung, Tanggamus, Tulang Bawang, Way Kanan, Pesisir Barat, Lampung Selatan).

Usai mengunjungi stand Kabupaten/kota, Gubernur Arinal dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim mengunjungi Stand kampoeng kopi untuk melihat jenis kopi dan alat pengolahan kopi. Dikesempatan itu, Gubernur  Arinal  dan Wakil Gubernur     Chusnunia melakukan Battle Brewing pembuatan segelas kopi yang dinilai oleh 4 (empat) juri nasional. battle Brewing ini dimenangkan oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim.  (Ida)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed