oleh

Dewan Pers Dukung Wartawan Agar Tingkatkan Profesionalisme

Derisia Online.com – Wakil ketua Dewan Pers Ahmad Jauhar melakukan konferensi pers dengan awak media di Yunna Hotel Telukbetung Bandar Lampung Selasa (2/3/2019).
Dikesempatan jumpa pers tersebut Ahmad Jauhar menjelaskan tentang kemerdekaan pers, artinya wartawan bebas melakukan peliputan serta menulis berita, dengan tujuan untuk mendapat informasi yang akurat guna dituangkan dalam bentu tulisan kemudian diterbitkan di surat kabar.
Menurut Waka Dewan Pers saat bertemu dengan para wartawan dikatakan “tidak ada siapapun yang boleh menghalang-halangi tugas dalam melakukan peliputan berita”, hanya saja wartawan itu harus tetap dalam koridor sesuai dengan aturan yang diatur oleh UU Pers tahun 1999 dan tidak melanggar kode etik jurnalistik.
Ditanya oleh SKU DIFa TV (DIFa TV Group) apa tindakan Dewan Pers tentang adanya seorang wartawan yang diintimidasi seperti belum lama ini telah terjadi di Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran, Ahmad Jauhar menjelaskan bahwa si wartawan tersebut harus dibela dalam hal perlindungan hukum.
Setelah reformasi seyogyanya tidak ada lagi pihak pihak yang menghalang-halangi wartawan bekerja dalam profesionalis mereka, bagaimana cara nya yakni Dewan pers membuat pedoman-pedoman yang harus digunakan oleh para wartawan,sehingga mereka menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumbernya, ujar Jauhar.
Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat. (hbn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed